//Forever Imperfect
Review Novel A - Wulan Fadila

Rabu, 19 Oktober 2016 @ 10.09 | 0 Comment [s]



Haloo!! Lama banget ya gue ngga post apapun disini. Abisnya ngga ada yang kangen:( /halakh. Oke, cukup basa-basinya. Jadi, gue kemaren baru baca ulang ceritanya ka Wulan Fadila yang judulnya A ini, heheheheh, belinya sih udah dari lama. Pas nemu gue lonjak-lonjak di gramed anjir malu-maluin, pake segala utang temen sepuluh ribu gara-gara duit kurang (tapi ujung-ujungnya temen gue pinjem sih jadi yauda gitu HAHAH).

Terus, yah, gue kepikiran untuk berbagi review ke kalian-kalian semua yang barangkali baca ini!:))



Judul : A (Aku, Benci, & Cinta)
Penulis : Wulanfadi
Editor : Maskur Priatna
Desain Sampul : Rumah Desain
Penerbit : Melvana Media

Sinopsis :

Ini cerita tentang Alvaro Radyana. Si cassanova terpopuler di SMA National High. Juga Ketua OSIS yang dikagumi oleh banyak orang.

Alvaro yang 'Segalanya'.

Ini juga tentang Anggia Serenia Quinindha. Si rajin dari yang paling rajin di SMA National High. Sayangnya, dia Wakil Ketua OSIS, padahal bukan posisi itu yang ia mau.

Anggia yang 'Perfeksionis'.

Alvaro menganggap Anggia lelucon, tapi Anggia selalu menganggap Alvaro rival.

Tapi, pandangan itu berubah saat Alvaro memiliki kesempatan untuk mengenal Anggia lebih jauh. Dan rasa itu tumbuh pada Alvaro sejak Anggia mengenal Alexander, teman masa kecilnya. Perasaan aneh yang seharusnya Alvaro rasakan hanya pada cinta pertamanya, Athala.

Saat masa depan membuka kesempatan baru, apakah Alvaro akan mengambilnya?

***

Oke, mari kita mulai.

Jadi, ini cerita tentang Alvaro, Anggia (atau Anggi), Alex (nama pendeknya Alexander), dan Athala. Disini diceritakan bahwa Alvaro dan Anggi itu ehmmm semacam musuhan gitu. Itu semua bermula pas mereka baru masuk SMA. Anggi dapet gelar Ratu MOS karena dia berani nantang kakak kelas yang semena-mena, dan Alvaro dapet gelar Raja MOS. Alvaro tanpa kesengajaan mecahin mahkotanya Anggi dan Anggi ngamuk-ngamuk. Ini awal kebencian mereka. Dan sesuai sinopsis, si Alvaro ini punya sahabat kecil namanya Alex dan Athala.

Athala ini lagi koma di rumah sakit selama hampir 3 tahun dan Alvaro Alex masih setia nungguin dia. Alasannya, mereka sama-sama cinta Athala (bukan dalam arti cinta ke sahabat). Kehadiran Anggi ternyata sanggup merubah perasaan Alvaro dan Alex. Dan mereka lagi-lagi kejebak cinta segitiga untuk kedua kalinya, kali ini, Anggi yang jadi rebutan mereka.

Selengkapnya, beli dong novelnya hehehehheheheheh.

Gue mau bahas kelebihan buku ini.

Pertama, menurut gue, buku ini bahasanya enak dibaca entah itu narasi maupun dialog, apalagi untuk anak remaja seumuran SMP-SMA gitu yang masih labil /halakh /sendirinya juga labil. Bahasanya terkesan santai, dan lagi, kelakuan koplaknya 5 temen Alvaro (mika, seth, julian, juna, matt) disini tuh tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata:( apalagi MIKA HELP DIA TUH ANGHHHH KUCINTA KAMU MIKA INDRA ASTYAN FAKLAH I WANT A BOYFRIEND LIKE HIM SO BADDD RIP MY IMAGINATION (biarkan gue berfangirling).

Jokes nya disini juga asik kok, apalagi di bagian kebiasaan mereka nyebut 'najis, alay, baper, itu aja terus sampe bego' yha ganteng ganteng koplak yha #coganmemangsebebasitu.

Kedua, karakter Alvaro disini itu pengaruh besar kenapa gue suka sama novel ini HAHAHAHAH emang dasarnya jomblo cari cogan di novel mulu terus ngayal tp yaudasi lo semua juga gitu kan NGAKU DEH?!:)) Alvaro disini sweet gitu kalo udah sayang sama satu cewek, dia rela berkorban, dia kalo udah janji sama cewek yang dia sayang, pasti ditepatin. Alvaro juga perhatian banget pake z sama ceweknya muehehehehe. Dan saya baper disitu RIP ME.



Ketiga, cerita ini rame cuy, banyak karakter. Jadinya kita nggak seberapa bingung ngadepin konflik karena kehadiran 5 temen Alvaro (yang emang sering ngerusak suasana dramatis). Kalo difilm-in, ini bakal seru ajib aje gile hwehwehwehwe. Apalagi tiap karakternya tuh kayak punya ciri masing-masing yang bikin gampang melekat di otak.

Kayak Alvaro, badboy kocak yang doyan ganti-ganti cewek dan narget pacar tiap bulan. Mika, dia ini indigo tapi takut setan (yha) terus biasanya jadi pencair suasana gitu hehehe kucinta mika mwah. Ada lagi Julian yang terkenal lemot dan lembek. Matt sendiri cowok dingin yang doyan nulis cerita thriller (YANG MERANIN MATT DI WATTPAD SI ANDREW GARFIELD FAK ITU GANS GILS) dll kalian bisa baca sendiri (MAKANYA BELI!!)

Keempat, cerita ini tuh khas anak SMA banget jadinya meskipun bukunya tebel ajib kita ngga akan bosen bacanya karena kekonyolan hal-hal khas SMA disini bwakakakak.

Kelima, pesan moral yang kak wulan coba sampein lewat buku ini berhasil gue dapatin and its amaze me!!:)) Dari Alex, gue dapet pelajaran bahwa cinta itu semuanya tentang pengorbanan dan keikhlasan, dia rela sakit hati karena Athala yang cintanya sama Alvaro, dan juga ditolak Anggi karena Alvaro.

Alvaro seolah pengen ngasih tau para cowok untuk tetep serius sama satu orang yang dia cinta, dan untuk mengambil kesempatan tanpa takut sama perubahan. Athala ngajarin gue untuk mengerti bahwa merelakan itu nggak buruk. Ada masa dimana sesuatu yang udah kita pegang erat emang harus dilepas dan sesuatu emang sudah seharusnya berlalu. Things change and its normal at all.

Athala ngasih tau kita untuk tetep nerima kenyataan dan perubahan itu dengan senyum. Dan mempercayakan kita bahwa sesuatu yang lebih baik akan datang setelah suatu perubahan. Dari Anggi, gue belajar untuk naruh kepercayaan kita pada orang yang tepat, nggak terburu-buru termakan kata-kata manis dan berpikir lebih panjang. Anggi juga ngajarin kita untuk nggak terlalu memperdulikan status, tapi komitmen dan perasaan.

Sementara, 5 temen Alvaro ngasih tau kalo persahabatan itu tentang saling ngehibur, mengerti keadaan, kekompakan dan keterbukaan. Sumpah ya, persahabatannya Alvaro itu goals banget anjir.

Keenam, disini banyak quotesnya! buat kalian para galauers yang butuh quotes buat dipajang di status, buku ini menyediakan banyak.

Bahwa perasaan orang tidak selamanya abadi, bahwa yang aku pikir selamanya bersama tidak akan selamanya bersama. Bahwa keputusan terbaik itu akan didapat saat kamu merelakan apa yang menurutmu terbaik bagimu. Karena bukan kamu yang memutuskan mana yang terbaik, tapi takdir. -Athala
Cinta sejati itu sulit untuk diterka. Harus ada sedikit usaha untuk melihat lebih jelas. -Juna
Gue bukan orang yang bisa lo jadikan bahan bercandaan. Gue bukan pelampiasan saat pemeran utama nggak ada. Cinta nggak sebercanda itu. -Anggia
You know, when you fell in love, you'd forgive his mistake even thought it'd tear you apart. -A 
OKEEEE! Saatnya bedah kekurangan bukunya ka wulan yang satu inii mweheheheh. Sekalipun karya kak wulan ini masuk dalam daftar books-you-must-read-on-your-teen-life, tetep aja suatu karya itu tidak luput dari kesalahan, kawan. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, hweee.

Makanya gua suka bingung kalo guru OR gue bilang untuk sikap sempurna, masalahnya kan semua hal di dunia selalu memiliki kecacatan (abaikan itu tadi). Okee ini daftar hal-hal yang salah menurut gue ;

1. Cerita ini terlalu bertele-tele(?) Ngga, maksud gue tuh, sebenernya konflik cerita ini ngga sampe sepanjang itu. Seharusnya nggak sampe 454 halaman. Kesannya kayak dipanjang-panjangin padahal tuh aslinya nggak sepanjang itu (ini kata-kata kenapa menganu banget yak). Terlalu banyak adegan yang menghalangi konflik, dalam pandangan gue sih kayak gitu.

2. Temanya klise, but luckily, kak wulan bisa mempresentasikan(?) cerita klise itu dengan cukup baik disini.

3. Karakternya Anggi kurang 'ngeh'. Maksudnya tuh, di sinopsis, Anggi dikatakan sebagai cewek dengan karakter perfeksionis. Tapi, alih-alih perfeksionis, Anggi justru lebih nunjukin sisi galaknya disini. Jatohnya malah terkesan serem dan sok berkuasa sih, daripada perfeksionis.-.

4. Momen dari benci ke cinta antara Alvaro-Anggi kurang jelas, kalo dari sudut pandang gue. Jadi, ada adegan dimana Anggi ketemu sama Alex di satu pesta, yang pestanya juga dihadiri keluarga Alvaro. Disana Alvaro ngerasa 'panas' ngeliat Anggi bisa seramah itu sama Alex. Problemnya tuh, kenapa Alvaro harus ngerasa 'panas' ngeliat mereka sementara saat itu aja mereka masih musuhan? Belum ada kedekatan apapun antara mereka.

Gue sih pertama mikirnya Alvaro pengennya Anggi bisa ramah juga sama dia, but kalo dia pengen Anggi ramah sama dia, kenapa si Alvaro ganggu Anggi mulu? udah tau Anggi tuh temperamennya tinggi kalo ama Alvaro. Dan lagi, ngapain si Alvaro ngarepin Anggi untuk bersikap ramah sama dia? Kan mereka saling benci. yHA.


5. Hubungan keluarga Radyana sama keluarganya Anggia nggak begitu diceritakan. Kayak tiba-tiba ditulis kalo sebenernya kedua keluarga itu punya relasi yang cukup baik. Disini kan ceritanya keluarga mereka cukup kaya (khusus Alvaro bisa dibilang sangat kaya), apa mereka ada hubungan pekerjaan kah? Atau dua orang tuanya dulu teman? Ada bagian Alvaro dan Anggi saling nginep, kenapa bisa segampang itu? Emangnya relasi keluarga mereka sedeket apa?

6. Di buku ini, portal Miles disebut. Itu ada di cerita Mika on Fire, series TRS ketiga di wattpad dan nggak diterbitin. Kalo menurut gue, mending jangan disebut. Kan yang ngga baca bakalan bingung.

7. Gue mau tanya, emang koma sampe 3 tahun bisa? Setau gue, koma itu cuma mentok 3 bulan dan setelah lebih dari itu akan ada persetujuan untuk mencabut alat bantu kehidupan karena udah dianggap hopeless. CMIIW.

Overall, gue suka ceritanya dan ini recommended kok untuk kalian-kalian yang suka baca teenfiction!! Lagipula kesalahan kak wulan menurut gue nggak begitu fatal (kecuali nomor 7, soal koma itu, gue ngga ngerti juga sih itu bener apa salah). Gue kasih 3 dari 5 bintang untuk novel ini!! Oke, thanks for read it! Thankyou and good bye!! *otw bobo*

 

[20 Oktober 2016, 00.09]

Label: , ,



Before
Behind This Blog

Putri Octavia | 12 years old | Directioners

underlined, bold

blockqoute


Navigations!

Diary About Stuff Site


Let's Talk!


My Note's


The Credits!

Template by : Farisyaa Awayy
Basecode by : Nurynn
Full Edited : Putrii

Best View at GOOGLE CHROME!